Senin, 25 Juli 2011

10 Musisi Dunia Tewas Overdosis

Amy Winehouse yang meninggal akibat overdosis obat-obatan terlarang, mengingatkan telah banyak musisi dunia yang tewas sia-sia karena memilih narkoba sebagai teman di tengah puncak popularitas.

Berikut 10 musisi dunia yang tewas overdosis.

1.Jimi Hendrix

Musisi yang lebih dikenal 'Dewa Gitar' yang dikenal gitaris sepanjang masa ini, meninggal karena narkoba, sepanjang hidupnya penyanyi kelahiran London 18 Septembr 197o itu telah mencoba berbagai obat-obatan terlarang, hingga akhirnya barang haram tersebut merenggut nyawanya.

2. Jim Morrison

Jim yang merupakan vokalis 'The Doors' meninggal di usia 27 tahun di bathtub apartemennya. Sejak bergelut di dunia musik, musisi kelahiran Melbourne, 8 Desember 1943 itu mengalami ketergantungan minuman keras, obat-obatan terlarang serta seks.

Terlepas dari itu, Jim menurut majalah Rolling Stone, dinobatkan sebagai salah satu dari 100 penyanyi terbesar sepanjang masa, lewat keunikan musik 'The Doors' yang digabungkan dengan lirik bernuansa gelap yang menjadi salah satu kelompok musik terbesar dalam dunia rock and roll.

3. Janis Lyn Joplin

Joplin adalah penyanyi sekaligus pencipta lagu dan penulis aransemen asal Port Arthur, Texas, Amerika Serikat. Penyanyi soul blues ini ditemukan tewas di lantai kamar hotelnya di Los Angeles akibat over dosis heroin dan minuman keras favorite-nya Southern Comfort.

Ia mencapai puncak kesuksesan pada akhir tahun 1960-an sebagai penyanyi solo setelah sebelumnya menjadi vokalis 'Big Brother and the Holding Company'. Pada tahun 2004, majalah Rolling Stone menempatkannya di urutan ke-46 dalam daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa.

4. Kurt Cobain

Memiliki nama asli Kurt Donald Cobain, penyanyi, penulis lagi serta gitarid band grunge Nirvana ini tewas mengenaskan di atas garasi rumahnya di Lake Washington dengan kepala hancur akibat peluru yang ditembakkan ke mulutnya.

Pada 1991, lewat smells like, teen spirit membawa Cobain ke puncak kesuksesan sekaligus menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer di tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop, kepada grunge dan alternative rock.

Untuk menggenang Cobain, pada 13 Mei 2010 - 6 September 2010, Seattle Art Museum menggelar pameran bertemakan 'Kurt'.

5. Brian Jones

Jones yang lahir di Inggris 3 Juli 1969, merupakan gitaris band rock and roll 'Rolling Stone', merupakan musisi cerdas yang mengajari Mick Jagger bermain harmonika, namun akibat kecanduan minuman keras dan obat terlarang, membuat kemahiran bermusik Jones menurun. 

Akibat alkohol pula, Jones ditemukan tewas tenggelam di kolam renang di Cotchford Farm, oleh teman wanitanya Anna Wohlin.

6. James Owen Sullivan a.k.a 

Sullivan atau lebih dikenal The Red merupakan drummer sekaligus penyanyi latar untuk grup musik 'Avenged Sevenfold', serta menjadi lead vocal pada grup musik 'Pinkly Smooth'.

The Red ditemukan tewas pada 28 Desember 2009, di kediamannya di kawasan California selatan, pada usia 28 tahun akibat over dosis obat-obat terlarang.

Semasa kariernya bersama Avenged Sevenfold, The Rev pernah memberi kontribusi dalam penggarapan single A Little Piece of Heaven.  Di Indonesia sendiri, The Rev sudah dua kali manggung di Jakarta, yang terakhir pada Oktober tahun lalu.

7. John Bonham

John Henry "Bonzo" Bonham ditemukan tewas pada 25 September 1980 pada usia 32 tahun. Ia merupakan seorang drummer dari Britania Raya dari kelompok musik 'Led Zeppelin'. 

Bonham yang merengkuh kesuksesan pada usia muda membuatnya bersahabat dengan minuman keras terutama vodka, yang membawanya pada kematian akibat sesak nafas.

Meski telah tiada, kepiawaiannya menabuh drum hingga kini masih memiliki pengaruh besar untuk banyak pemain drum. 

8. Judy Garland

Aktris yang melejit film 'The Wizard of Oz' pada 1939, Garland yang juga seorang penyanyi yang memiliki nama asli Frances Ether Gumm ini tewas akibat over dosis obat tidur pada usia 47 tahun, setelah sebelumnya beberapa kali mencoba bunuh diri akibat tekanan masalah pribadi.

Pada tahun 1999, American Film Institute atau Lembaga Film Amerika Serikat menaruhnya di antara sepuluh aktris wanita terbesar dalam sejarah perfilman Amerika Serikat.

9. Elvis Presley

Elvis yang dinobatkan sebagai Raja Rock 'n' Roll, ditemukan tewas di usia 42 tahun, pada 16 Agustus 1977 di rumahnya di Graceland di Memphis akibat serangan jantung, karena kecanduan obat-obat dokter seperti obat tidur.

10. Amy Winehouse

Musisi jazz dan blues, Amy Winehouse ditemukan tewas di rumahnya, di London Sabtu (23/7/2011) pukul 4.15 waktu setempat. Kematian Amy diduga hingga kini masih menjadi tanda tanya besar, namun dugaan sementara pihak kepolisian, Amy tewas akibat overdosis ekstasi.

1 komentar:

YOGYAKARTA mengatakan...

saya suka tentang artikel anda. semoga blog ini maju terus. sukses.

Posting Komentar